PANDUAN



TATA CARA PENDAFTARAN

 

  1. Calon Taruna/Taruni wajib melakukan registrasi (login) pendaftaran melalui https://sipencatar.dephub.go.id, Registrasi (Login) akan dibuka tanggal 20 Mei 2018;
  2. Calon Taruna/Taruni wajib melengkapi data diri pada formulir yang telah disediakan;
  3. Calon Taruna/Taruni melakukan pembayaran setelah mendapatkan notifikasi melalui e-mail Calon Taruna/Taruni yang telah didaftarkan sebelumnya dan mengunggah (upload) bukti pembayaran;
  4. Calon Taruna/Taruni mengisi data pada formulir yang tersedia dan mengunggah (upload) dokumen pendukung dalam bentuk softcopy, terdiri atas:
    1. Akte Kelahiran (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB);
    2. Pas Foto terbaru berlatar belakang merah, menghadap kedepan ukuran 4 x 6 cm (ukuran 400 x 600 pixel dengan besaran min 300 kB dan maks 500 kB, format jpg);
    3. KTP dan KK Calon Taruna/Taruni yang berusia di atas 17 tahun, bagi yang belum memiliki KTP menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP. Khusus Calon Taruna/Taruni yang berusia di bawah 17 tahun menggunakan Kartu Keluarga (KK) (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB);
    4. Ijazah Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB);
    5. Surat Keterangan lulus dari Kepala Sekolah atau pejabat berwenang, bagi Taruna/Taruni SMA/SMK/MA kelas 3 (kelas XII) Tahun Ajaran 2017/2018 (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB);
    6. Surat Keterangan dari Kepala Sekolah atau Pejabat berwenang yang menyatakan program keahlian dan kompetensi keahlian lulusan SMK sesuai dengan konversi Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan (PMK) Tahun 2016 (SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Nomor: 4678/D/KEP/MK/2016) (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB);
    7. Surat Keterangan belum pernah menikah yang ditandatangani oleh Lurah/Kepala Desa sesuai domisili (asli) (bukan surat yang ditandatangani oleh pelamar, ketua RT, ketua RW atau orang tua) (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB;
    8. Surat Pernyataan Calon Taruna/Taruni (dapat diunduh di https:// sipencatar.dephub.go.id/template) (format file JPEG/JPG/PNG maks 500 kB);
  5. Batas akhir unggah (upload) berkas dan bukti pembayaran  TPA (setelah dinyatakan lulus verifikasi berkas) pada tanggal 20 Juni 2018 pukul 23.59 WIB.
  6. Panduan pendaftaran dan ketentuan pendaftaran secara lengkap dapat dilihat pada https://sipencatar.dephub.go.id.

 

Tata cara pendaftaran dan pengisian nilai dapai di download pada llink dibawah ini :

  1. Tata Cara Pendaftaran
  2. Tata Cara Pengisian Nilai
  3. Surat Pernyataan Spektrum Keahlian SMK
  4. Surat Pernyataan Taruna/Taruni
  5. Surat Pernyataan Biaya Tes Akademik Rp.0 (Khusus Lokasi Ujian Poltekpel Surabaya, PIP Semarang dan PKTJ Tegal)